ASUHAN KEPERAWATAN JIWA
ASUHAN KEPERAWATAN JIWA PADA Tn. E
DENGAN HARGA DIRI RENDAH
Di Susun oleh :
EVA ANIF
1105015
PRODI D III
KEPERAWATAN
SEKOLAH
TINGGI ILMU KESEHATAN KARYA HUSADA
SEMARANG
2013
PENGKAJIAN SEHAT JIWA DAN MASALAH RESIKO
Nama
Institusi : STIKES Karya Husada Semarang
A.
IDENTITAS
1.
Identitas
Klien
Initial klien : Tn. E W
Usia : 23 tahun
Jenis Kelamin : Laki-laki
No. RM : 905388
Tanggal
Pengkajian : Selasa, 16 april 2013
Alamat : Ketilang Sari, Ungaran
Pekerjaan : Mahasiswa
Pendidikan : SMA
Suka bangsa : Jawa, Indonesia
Agama : Islam
2.
Identitas
Penanggung Jawab
Nama : Tn. W
Alamat : Ketilang Sari, Ungaran
Pekerjaan :Swasta
Pendidikan : SMA
Hub. Dg Klien : Ayah
B.
Status
Pertumbuhan dan Perkembangan (sekarang dan yang lalu)
1.
Fisik
a.
Infant
PB : 45 cm
BB : 8 kg
Lila : 22 cm
Motorik :
menggenggam
Sensori : berespon
pada nama sendiri
b.
Toddler
TB : 50 cm
BB : 12 kg
Lila : 25
Motorik :
berlari dan melompat
sensori :
melokalisasi bunyi yang memalingkan kepala
c.
Preschool
TB : 70 cm
BB : 18 kg
Lila : 26 cm
Motorik :
mengangkat benda berat
Sensori : takut
pada tempat gelap
d.
School
TB : 85 cm
BB : 25 kg
Lila :26 cm
Motorik : berenang
Sensori :
senang mendengarkan music
2.
Psikosexual
a.
Infant
Menghisap,
makan minum, menggenggam, penapihan
Kematangan identitas
seksual : baik
b.
Toddler
Toilet training
: bisa
Kematangan
identital seksual : normal
c.
Preschool
Identifikasi
jenis kelamin manipulasi genital
Kematangan
identital seksual : normal
d.
School
Ego defens
mechanism control diri : kurang
Kematangan
identital seksual : normal
3.
Psikososial
a.
Infant
Orang terdekat
: ibu
Identity,
mengembangkan hubungan dengan lawan orang lain dan lawan jenis
b.
Toddler
Otonomi makan
sendiri bermain sendiri eksplorasi lingkungan
Intimacy,
hubungan intim dengan pasangan hidup
c.
Preschool
Inisiatif teman
sebaya bermain keluar rumah
Produktif,
bekerja giat : cukup
d.
School
Kompetisi
partisipasi kegiatan dengan sebaya
Kepuasan hidup
: kurang
4.
Kognitif
a.
Infant
Respon sensorik
dan motorik : normal
Berfikir
abstrak, alasan logic konklusi solusi
b.
Toddler
Kemampuan
berbahasa, meniru bermain : baik
Berfikir
abstrak, alasan logic konklusi solusi
c.
Preschool
Perceptual alasan
belum logic
Berfikir
abstrak, alasan logic konklusi solusi
d.
School
Berfikir pada
hal yang konkrit berfikir cepat
Berfikir
abstrak, alasan logic konklusi solusi
5.
Moral
a.
Infant
Penerimaan diri
terhadap prinsip moral perjanjan moral prinsip hati nurani
b.
Toddler
Penerimaan diri
terhadap prinsip moral perjanjan moral prinsip hati nurani
c.
Preschool
Orientasi pada
ketaatan dan hukuman : ada
Penerimaan diri
terhadap prinsip moral perjanjan moral prinsip hati nurani
d.
School
Kenaifan dan
kesenangan, kekuasaan untuk mempertahankan moral
Penerimaan diri
terhadap prinsip moral perjanjan moral prinsip hati nurani
C.
FAKTOR
PRESIPITASI (STIMULASI PRKEMBANGAN)
1.
Faktor
biologis
Imunisasi : lengkap
Nutrsi : seimbang
Latihan fisik : kurang
2.
Factor-faktor
Psikologis dan Sosiobudaya
a.
Psikosexual
Pemenuhan fase
oral : menetek sendiri
Pemenuhan
kebutuhan fase anal : melakukan toilet training sendiri
Pemenuhan kebutuhan
fase laten : tidak ada kesempatan bergaul dengan teman sebaya
Pemenuhan fase
genital : tidak boleh bermain dengan lawan jenis
b.
Psikososial
Membangun rasa
percaya : menyuruh orang lain bila anak meminta tolong
Meningkatkan
otonomi : tidak menggendong anak terus
Merangsang
inisiatif : memberi kesemptatan ikut melakukan pekerjaan rumah
Mengembangkan
percaya diri : mengikut sertakan anak dalam perlombaan
Pembentukan
identitas : punya idola yang baik
Keintiman
dengan orang lain : tidak tertarik untuk mencari pasangan hidup
Produktif :
pekerjaan belum mapan
Kepuasan :
menyesal merasa tidak berarti
c.
Kognitif
Merangang
sensori pada usia bayi : meneteki, mengajak bicara, melatih menggenggam benda.
Mengembangkan
berfikir konkrit : memberi anak kesempatan untuk bertanya dalam mengenalkan
warna, benda dan membaca.
Formal
operasional : melatih hubungan sebab akibat
d.
Moral
Melatih dan
mengajarkan nilai-nilai : agama
Memberi hadiah
terhadap ketaan : ya
Hukuman
terhadap pelanggaran : ya
melatih disiplin diri : ya
melatih disiplin diri : ya
D.
PENILAIAN
TERHADAP STRESSOR
Penilainan klien terhadap stressor tumbuh kembang perilaku social
yang tampak pada klien : mengancam, lari dari stressor dan membandngkan
kemampuan diri dengan orang lain.
Persepsi individu terhadap masalah sebagai sesuatu yng mengancam
dan itu membuat klien cenderung untuk lari dari stressor, persepsi keluarga
terhadap masalah lebih cenderung membandingkan kemampuan dengan orang lain.
E.
SUMBER
KOPING
1.
KEMAMPUAN
PERSONAL
Problem solving
skill : kurang
Semangat :
rendah
Social skill :
kurang
Intelegensia :
rata-rata
Pengetahuan :
baik
Koping : kurang
Konsep diri :
negatif
2.
DUKUNGAN
SOSIAL
Dukungan :
keluarga, kelompok, masyarakat : baik
Jaringan social
(perkumpulan organisasi) : kurang
Stabilitas
budaya : baik
3.
ASET
MATERIAL
Kecukupan
penghasilan : cukup
Kekayaan yang
dimiliki : cukup
Pelayanan
kesehatan : terjangkau
4.
KEYAKINAN
Keyakinan dan
nilai : klien sholat 5 waktu
Motivasi :
kurang
Orientasi
kesehatan :
F.
KEBIASAAN
KOPING YANG DIGUNAKAN
Jika ada masalah klien biasanya hanya duduk diam menyendiri di
kamar
G.
ANALISA
DATA
NO
|
DATA FOKUS
|
MASALAH KEPERAWATAN
|
1.
|
Ds :
·
Pasien
mengatakan lebih senang menyendiri karena tidak bisa mengawali pembicaraan
dengan orang lain.
Do :
·
Pasien dibawa ke rumah sakit
karena pasien sering menyendiri dan diam selama tiga hari, tidak pernah
berinteraksi dengan orang lain.
·
Pasien terlihat melamun, menunduk
dan menyendiri.
·
Ekspresi wajah klien datar, klien
kadang-kadang termenung.
·
Pasien kooperatif tetapi kontak
mata kurang. Pasien lebih sering menunduk ketika diajak interaksi.
|
Isolasi sosial
menarik diri
|
2.
|
Ds :
·
Pasien mengatakan merasa minder
karena hanya lulus SMP dan belum bisa memenuhi harapannya untuk bekerja
membantu orangtuanya.
Do :
·
Klien terlihat sedih karena berada di
RSJ Semarang.
|
Gangguan
konsep diri : harga diri rendah.
|
H.
DAFTAR
MASALAH KEPERAWATAN
1. Isolasi sosial menarik
diri.
2.
Gangguan konsep diri : harga diri
rendah.
Semarang, 16 April 2013
Mahasiswa
Eva
Anif
1105015
0 komentar:
Post a Comment
mohon kritik dan saranya , thank you....